Najis Anjing Yaitu Air Liurnya Saja

Najis Anjing Yaitu Air Liurnya Saja

Pertanyaan tentang najis anjing yaitu air laurnya saja, berikut pertanyaannya:

Saya kerja di kebun sawit dan di sana banyak sekali kotoran anjing yang kadang sering terinjak dan membuat saya resah, bagaimna solusinya supaya saya tidak selalu membersihkan najis mughalladhah. Apakah ada hadits yang bisa saya ikuti bahwa dari anjing yang najis hanya liurnya saja.  

Jawaban:
Semoga rahmat ridla Allah serta syafa'at Rasulullah SAW menghiasi hari-hari anda. Dalam masalah najisnya anjing ulama berbeda pendapat:

1. Menurut Imam Syafi’i, seluruh tubuh anjing najis termasuk bulu atau rambutnya. Dengan alasan dalam memahami hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam Shahih Muslim:

طهور إناء أحدكم إذا ولغ فيه الكلب أن يغسل سبع مرات اولا هن با التراب

Diterangkan dalam kitab Kifayatul Akhyar Juz 1 hal 69 mengenai hadits ini:

وجه الدلالة أن الطهور معناه المطهر والتطهير لا يكون إلا عن حدث أو نجس ولا حدث على الإناء فتعين النجس

Penyebab yang menunjukkan najisnya binatang tersebut (mengenai hadits di atas) ialah bahwa mensucikan sesuatu itu kalau bukan karena hadatsnya yaitu karena najisnya. Dan bejana itu tidak mungkin berhadats, jadi kalau seperti itu berarti yang disucikan karena najisnya anjing tersebut, sehingga anjing adalah binatang najis dan kenajisannya adalah kesemuanya, termasuk juga bulunya.

2. Anjing itu suci termasuk air liurnya, diterangkan juga dalam kitab Kifayatul Akhyar Juz 1 hal 69:

الأصل في الحيوانات الطهارة لأنها مخلوقة لمنافع العباد ولا يحصل الانتفاع الكامل إلا بالطهارة واستمر مالك رضي الله عنه

Pada dasarnya semua binatang itu suci sebab ia diciptakan untuk memberi manfaat kepada manusia. mengambil manfaat yang sempurna tidak akan berhasil bila binatang itu tidak suci. Dasar inilah yang dipegang Imam Malik RA dan juga dalam memahami lafadh hadits إذا ولغ yang artinya ketika menjilat. Hal ini dipahami bahwa yang najis itu adalah air liurnya yang dimasukkan ke dalam wadah, jadi kalau tidak dimasukkan ke dalam wadah seperti baju yang terkena air liurnya, hal itu tidak termasuk najis mughalladhah dan sunnah membersihkannya. Demikian, semoga bermanfaat dan barakah. والله اعلم

Penjelasan najis anjing yaitu air laurnya saja, itu menurut Imam Malik, tetapi menurut Imam Syafi’i, semua yang ada pada anjing yaitu najis.


Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah

Baca Juga: Malam-Malam Menyambut Kelahiran Sang Nabi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Najis Anjing Yaitu Air Liurnya Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel