Cara Mendudukkan Pandangan Terhadap Diri Sendiri

Cara Mendudukkan Pandangan Terhadap Diri Sendiri

Dari Sayyidina Ali karramallahu wajhah, beliau berkata: "Jadilah engkau orang yang paling baik menurut pandangan Allah, dan jadilah engkau orang yang merasa paling jelek di matamu sendiri serta jadilah orang yang sewajarnya saja di mata orang lain".

Dalam hal ini, Syekh Abdul Qadir Al-Jilani memberikan tuntunan kepada kita yaitu apabila kita bertemu dengan orang yang lebih tua, maka hendaknya beranggapan bahwa orang tua tersebut bisa saja amal ibadahnya jauh lebih banyak dari pada kita, dan apa bila kita bertemu dengan orang yang lebih muda, maka hendaklah beranggapan bahwa bisa jadi orang yang lebih muda tersebut, dosanya lebih sedikit dari pada kita. Dan apabila bertemu dengan orang alim, katakanlah pada dirimu bahwa orang tersebut memiliki dan mencapai ilmu yang belum aku miliki dan belum bisa aku capai, dan apabila bertemu dengan orang yang bodoh, katakanlah pada dirimu bahwa orang tersebut berbuat dosa karena belum tahu, sedangkan aku berbuat dosa dalam keadaan tahu. Dan apabila bertemu dengan orang kafir, katakanlah pada dirimu bahwa aku tidak tahu pasti, bisa jadi dia nanti masuk Islam dan husnul khatimah, dan bisa jadi aku mennjadi kafir dan su'ul khatimah.

Kesimpulannya adalah hendaknya kita selalu berusaha bagaimana caranya agar kita bisa mendudukkan perasaan kita bahwa diri kita adalah orang yang paling hina di hadapan Allah, dan tidak merasa paling baik di hadapan Allah SWT.

نصائح العباد ص.١٢. ل الإمام أحمد بن علي بن حجر العسقلاني

Saya mendengar dari guru saya, Hadratus Syekh Muhammad Fathul Wahhab Sudahri Amsun Al-Karimi, dikisahkan bahwa Syekh Abdul Qadir Al-Jilani bisa mencapai maqam Quthbul Ar-Rabbani wal Ghaust An-Nurani wal Haikalis Shamadani Syaikhus Tsaqalain wal Kaunain disebabkan Allah membukakan hati Syekh Abdul Qadir Al-Jilani agar merasa bahwa dirinya adalah makhluk yang paling hina di hadapan Allah SWT.
🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah

Baca Juga: Hukum Jual Beli Anjing dan Babi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendudukkan Pandangan Terhadap Diri Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel