Kesempurnaan Bahagia

Kesempurnaan Bahagia

Kata Imam Al-Ghazali, Kesempurnaan itu tergantung pada 3 kekuatan:
a. Kekuatan Marah
b. Kekuatan Syahwat
c. Kekuatan Ilmu

Maka sangatlah perlu manusia berjalan di tengah-tengah di antara tiga kekuatan itu.

Jangan berlebih-lebihan menurutkan kekuatan marah, yang menyebabkan mempermudah yang sukar dan membawanya kepada kebinasaan.

Jangan pula berlebih-lebihan pada kekuatan syahwat sehingga menjadi seorang yang humuq (pandir), terjadilah fasiq dan onar yang membawa kerusakan pula.

Tanpa marah maka hilanglah cemburu (ghirah) dan perasaan bertanggung jawab atas agama dan keperluan hidup di dunia. Tetapi jika marah terletak di tengah-tengah, timbullah kesabaran, keberanian dalam perkara yang membutuhkan keberanian dan segala pekerjaan dapatlah dikerjakan menurut hikmah

Kalau syahwat kurang teguh, maka terjadilah kelemahan hati dan pemalas, tetapi jika syahwat di tengah-tengah, timbullah iffah artinya dapat memerintahkan diri sendiri dan qana'ah yakni cukup dengan apa yang ada serta tidak berhenti berusaha.

Dengan ilmulah kemudian kita mampu menempatkan marah dan syahwat dengan porsi yang pas untuk menjalani kehidupan ini dengan baik

Semoga kita mampu memanfaatkan kekuatan marah dan syahwat kita dengan perantara kekuatan Ilmu yang kita miliki sehingga mampu menempatkan keduanya pada posisi yang baik dan menemukan kebahagiaan yang sempurna. Aamiin.

Tashawwuf Modern karya HAMKA

🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Khalili, [12:56, 30/8/2018]

Selanjutnya: Disunnahkan Memperbanyak Shalawat Pada Hari Jum'at

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kesempurnaan Bahagia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel