Kemuliaan iman dan Bermanfaat Kepada muslimin

Bersabda Rasulullah SAW: "Ada dua perkara yang tiada satupun melebihi ke unggulannya yaitu IMAN dan berMANFAAT kepada kaum muslimin".
Iman itu merupakan sirrun min asrorillah (rahasia dari rahasia-rahasia Allah) yang tidak bisa didapat dengan membaca kitab ataupun menghafalnya saja, tetapi iman itu bisa diperoleh, salah satunya yaitu dengan cara menguatkan hubungan kita kepada Allah dan Rasulullah SAW dan juga para Shalihin. Dengan berbagai macam wasilah ataupun perantara, baik secara syariat contohnya: sering silaturrahim kepada ulama' dan orang-orang shaleh, secara thariqah contohnya: mengikuti dan meniru langkah mereka, secara hakikat contohnya: meyakini dan berharap kemuliaan dan keutamaan yang dimiliki para nabi dan shalihin (karunia dari Allah) dan secara makrifat contonya yaitu mempunyai hubungan perasaan dan bathiniyah kepada para nabi dan para shalihin seperti mencintai dan mengaguminya.
Sedangkan yang dimaksud bermanfaat bagi kaum muslimin adalah segala macam bentuk kebaikan-kebaikan dan amal ibadah yang sifatnya hablun minannas (berhubungan dengan manusia), mampu membawa kepada hablun minallah (bertambah baik dalam berhubungan dengan Allah), contohnya dalam hal berteman, apabila dalam berteman saling mengingatkan dan mendorong untuk hal urusan Allah dan Rasulullah SAW, maka sadarilah, sungguh keduanya (orang yg berteman tersebut) telah memiliki salah satu dari dua keutamaan yang tidak satupun dapat melebihinya. Subhaanallaah... ternyata menjadi orang mulia dan agung di sisi Allah itu mudah bagi orang-orang yang hatinya di penuhi dengan iman dan ihsan serta badannya dipenuhi dengan islam.

Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah, [00:13, 21/8/2018]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kemuliaan iman dan Bermanfaat Kepada muslimin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel