3 Macam Bencana dari Allah Terhadap Orang Yang Menjauhi Ulama'

 💞Bersabda Rasulullah SAW: "Akan datang suatu zaman kepada umatku, mereka lari dari para ulama dan fuqaha, maka Allah akan menurunkan tiga macam bencana kepada mereka:
1. Dicabut oleh Allah barokah usahanya
2. Diberi penguasa dhalim atas mereka
3. Mereka meninggal dunia tanpa iman."💞

Yang dimaksud lari menurut hadits di atas, yaitu lari secara dhahir ataupun bathin. Lari secara dhahir artinya kita jarang silaturahim kepada ulama, jarang duduk dan bermajelas dengan ulama, jarang memandang wajah-wajah ulama, jarang mendengar kalam-kalam ulama dan hukama dan jarang berjabat tangan dengan ulama.
Sedangkan lari secara bathin artinya pikiran kita jarang memikirkan bagaimana islam, iman, dan ihsannya ulama, jarang memikirkan bagaimana ilmu dan akhlak ulama, jarang memikirkan bagaimana manaqib dan kisah-kisah ulama, dan perasaan dalam hati kita tidak terhubung dan tidak menyambung kepada ulama, artinya hati kita tidak mencintai ulama.
Yang dimaksud jarang adalah jangan sampai lebih dari 40 hari, artinya jangan sampai lebih 40 hari kita tidak silaturahim  dan semacamnya kepada ulama, jangan sampai lebih 40 hari kita tidak memikirkan dan semacamnya mengenai ulama.
Bersabda Rasulullah Saw.
"إذا مضى أربعون صباح لم يجالس العلماء قسى قلبه وجسر الكبائر".
"Apabila sudah lebih 40 hari tidak duduk dengan ulama, maka hatinya akan keras dan akan terjerumus ke dalam perbuatan dosa besar".
3 macam bencana tersebut akan berlaku bagi semua, yang petani maka usaha taninya tidak akan barokah, yang mahasiswa ilmunya tidak akan barokah, yang pedagang dagangannya tidak barokah dan sebagainya.
Dan yang paling besar bencananya, apabila menjauhi ulama adalah matinya tanpa iman. Na'uudubillah Wal 'iyaadu billah

🌻 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد 🌻

Oleh Ustadz Abdul Qadir bin Zainuddin Hafidhahullaah, [02:44, 25/8/2018]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Macam Bencana dari Allah Terhadap Orang Yang Menjauhi Ulama'"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel