7 Keistimewaan atau kelebihan Surah Al-Fatihah

7 Keistimewaan atau kelebihan Surah Al-Fatihah

Beberapa keutamaan atau keistimewaan Al-Qur'an, di antaranya:


1. Paling Agung (A’dham)

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad Al-Hanbali, dari sahabat Nabi, Abu Sa’id Al-Ma’alli RA berkata: ......... ya Rasulallah, engkau mengatakan akan mengajarkan paling agungnya Surah dalam Al-Qur’an. Bersabda Rasulullah: ya, ialah alhamdulillahirrabbil’alamien yaitu 7 ayat yang berulang-ulang dan Al-Qur’anul ’Adhim yang diturunkan kepadaku

2. Tidak ada samanya dalam Taurat, Zabur dan Injil dan Al-Qur’an

Diriwayatkan Imam Malik, dari sahabat Ubay bin Ka’ab: ................. Surah apakah yang engkau janjikan tadi ya Rasul. Rasul menjawab: Al-hamdulillahi rabbil ‘alamien dan seterusnya...............

3. Hanya kepada Nabi Muhammad SAW. Diturunkan

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dan An-Nasa’i, dari Ibnu Abbas RA katanya: ...........................  dari pintu itu turun satu malaikat yang langsung menuju Nabi muhammad SAW, berkata: bergembiralah engkau, mendapat 2 cahaya yang aku bawakan ini, yang tak pernah kedua cahaya ini diberikan kepada nabi yang manapun  sebelum engkau, kedua cahaya itu adalah Fatihatul Kitab dan beberapa ayat akhir Al-Baqarah, setiap huruf yang engkau baca dari keduanya pasti engkau mendapatkannya.

4. Langsung mendapat jawaban dari Allah

Siapa saja yang membaca Surah Al-Fatihah, setiap ayat yang dibacanya itu langsung dijawab oleh Allah, diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah RA.

5. Aman dari segala bahaya

Diriwayatkan oleh Al-Buzar dari Anas RA: bersabda Rasulullah SAW: Bila engkau membaca Al-Fatihah dan Qulhuwallahu ahad, maka amanlah engkau dari segala sesuatu, kecuali dari maut.

6. Langsung dari ‘Arsy

Diriwayatkan oleh Alhakim dalam kitab Al-Mustadrak dari Ma’qal bin Yasar RA: ...................... dan diberikan kepadaku Surah Al-Fatihah langsung dari arsy.

7. Sebagai Obat (mantera)

Banyak hadits yang menjelaskan bahwa fatihah dapat dijadikan obat, yang diriwatkan oleh Imam bukhari, Imam Bukhari dan Imam Abu Daud. Walaupun sebenarnya Al-Qur’an itu adalah Obat dan Rahmat bagi Alam Semesta.

Itulah di antara beberapa keistimewaan dan kelebihan Al-Qur'an dibandingkan dengan lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Keistimewaan atau kelebihan Surah Al-Fatihah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel