Kenikmatan Hidup Saat Berkumpul dengan Orang Hatinya Bersih

Kenikmatan Hidup Saat Berkumpul dengan Orang Hatinya Bersih

Nasehat yang baik bagi kita agar kita senang berkumpul dengan orang-orang yang shaleh, yang hatinya selalu berdzikir kepada Allah dan jauh dari sifat hati yang kotor.

Al-Imam Al-Quthub Al-habib Abu Bakar bin Abdullah Al-Aydrus Al-Adni pernah berkata di dalam sebuah syairnya:

"Paling nikmatnya kehidupan seluruhnya adalah hidup bersama orang yang memiliki hati yang bagus." 

Sehingga disini dapat juga kita pahami bahwa, "Kalau kita ini ingin di dunia hidupnya nikmat, maka berkumpullah bersama orang-orang yang mempunyai hati yang bagus." Lalu siapa mereka itu (orang-orang yang hatinya bagus)? Tidak lain mereka adalah para Auliyaillah, kaum Shalihin, orang-orang yang ahli ibadah, orang-orang yang ahli dzikir, orang-orang yang ahli baca al-Quran.
Dan Alhabib Abu Bakar al-Adni juga melanjutkan dalam perkataannya, "Walal-asarar illa liman shoffa sarair/ Dan tidak ada orang yang mendapatkan asrar (rahasia-cahaya dari Allah) kecuali orang yang telah membersihkan hati mereka."

Dengan kata lain, sejatinya kenikmatan itu bukanlah duduk dengan orang-orang ahli syohol (ahli kerja), kalau kita ini duduk dengan mereka pasti yang dibicarakan adalah uang miliyaran, beli mobil, beli rumah, beli tanah. Padahal bagi kita ini bayar utang Rp. 300.000,- saja sudah susah, gak bisa malah.

Pembicaraan itu semua jikalau kita mati nanti tidak akan membawa apa-apa, meskipun hanya satu rupiah misalnya. Oleh karenanya, jika engkau ingin merasakan hidup (ruhnya), maka berkumpulah dengan orang-orang yang mempunyai hati yang baik. Engkau akan diajak bagaimana tafakur dengan kebesaran Allah, engkau juga akan diajak bagaimana mensyukuri nikmat Allahu subhanahu wa ta'ala. Ingatlah wahai saudara-saudaraku, "Tidak akan dapat sir (rahasia Allah/cahaya dari Allah) kecuali yang hatinya bersih."

Semoga kita semuanya mendapatkan apa yang Allah telah berikan kepada orang-orang yang shaleh, "YA ALLAH, KAMI MEMOHON BERKAT ORANG-ORANG YANG SHALEH, BERILAH RIZKI KEPADA KAMI YAKNI PADA KENIKMATAN DENGAN KENIKMATAN APA YANG TELAH ENGKAU BERIKAN KEPADA MEREKA. YA ALLAH, BERILAH KEPADA KAMI TAUFIQ, HIDAYAH, KEKUATAN, SEBAGAIMANA YANG ENGKAU BERIKAN KEPADA MEREKA. YA ALLAH, ANUGERAHILAH KAMI SEBAGAIMANA ENGKAU MENGANUGERAHI MEREKA (ORANG-ORANG YANG SHALEH). YA ALLAH, HADIAHKANLAH KEPADA KAMI APA YANG ENGKAU HADIAHKAN KEPADA MEREKA DENGAN RAHMAT-MU YA RABBAL-ALAMIIN, WA YA AR-HAMAR-RAHIMIIN. WASHOLLALLAHU ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA 'ALA AALIHI WA SHOHBIHI WA SALLAM WAL-HAMDULILLAHI-RABBIL-ALAMIIN. Aamiin…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kenikmatan Hidup Saat Berkumpul dengan Orang Hatinya Bersih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel